Search

11 negara eu sudah penuhi sasaran energi terbarukan tahun 2020

Brussel,   (ANTARA News) - Uni Eropa (EU) memproduksi 17,5 persen kebutuhan tenaga listriknya dari sumber-sumber terbarukan pada 2017, sementara 11 dari 28 anggota EU sudah mencapai sasaran tahun 2020 sedikitnya 20 persen, menurut data terbaru Eurostat.

Sumber-sumber energi tenaga terbarukan seperti angin, air dan sinar matahari, tercatat 17 persen dari campuran energi di EU tahun 2016 dan 8,5 persen tahun 2004, tahun pertama angka-angka yang ada, kata Eurostat.

Sasaran tahun 2020 merupakan batu loncatan untuk mencapai target 32 persen pada 2030, seperti diberitakan Reuters.

"Uni Eropa berada di jalur tepat untuk memenuhi sasaran terbarukannya tahun 2020, dengan 11 negara anggota sudah berada di atas target nasional mereka," kata Komisaris Iklim Miguel Arias Canete, yang mengimbau blok itu untuk mencapai emisi nol.

Laporan itu menyebutkan Swedia memiliki saham tertinggi dari konsumsi energi terbarukan, dengan lebih dari setengah energinya berasal dari sumber-sumber terbarukan pada tahun 2017.

Luxembourg memiliki proporsi paling rendah, dengan sumber-sumber energi terbarukan hanya 6,4 persen dari penggunaan energi.

Hingga 2017, Belanda, Prancis, Irlandia, Inggris, Polandia dan Belgia termasuk di antara negara-negara anggota EU yang masih belum mencapai sasaran yang mereka tetapkan tahun 2020.

Baca juga: Pohon tenaga surya eTree pertama Eropa ditanam di PrancisLembaga Lingkungan Hidup Eropa mengatakan tahun lalu bahwa perubahan blok itu menuju energi terbarukan berjalan lamban. Keadaan itu menyebabkan kemampuan untuk mencapai sasarannya pada tahun 2020 dan 2030 belum terlihat.

Sasaran-sasaran tersebut merupakan bagian dari kebijakan bersama blok itu untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dengan sedikitnya 40 persen di bawah tingkat tahun 1990 pada tahun 2030, sesuai dengan Perjanjian Paris guna menjaga pemanasan global berada di bawah 2 derajat.

 Penyunting: M. Anthoni

Baca juga: Peneliti sarankan pembentukan "green banking" untuk danai proyek energi terbarukan
Baca juga: Ini respon Jonan saat Finlandia tawarkan kerja sama energi terbarukan
Baca juga: Sultra-Korsel kembangkan energi terbarukan

Pewarta:
Editor: Maria Dian A
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Let's block ads! (Why?)

from ANTARA News - Berita Terkini kalo berita gak lengkap buka link disamping http://bit.ly/2SthiK2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "11 negara eu sudah penuhi sasaran energi terbarukan tahun 2020"

Post a Comment

Powered by Blogger.